•  
  • Perpustakaan IAIN Antasari
Rabu, 22 Oktober 2014 - 01:04:47 WITA
Resensi : Mencari Tuhan Sepanjang Zaman
Diposting oleh : Akhmad Syaikhu
Kategori: Resensi - Dibaca: 2687 kali

Judul: Mencari Tuhan Sepanjang Zaman : Dari Agama-Kesukuan Hingga Agama-Universal
Pengarang: Alfred North Whitehead
Penerjemah: Prof. Alais Agus Nugroho, Ph. D.
Peresensi: Misnawati (Mahasiswa D3-IPII)
Penerbit: Mizan
Tahun Terbit: 2009
Kota Terbit: Bandung
Tebal: 204 halaman

Pada tahun 1910-an, penulis lebih dikenal sebagai seorang ahli matematika. Pemikirannya dalam periode itu tertuang dalam pelbagai buku, diantaranya A Treatise on Universal Algebra (1898), On Mathematical Consepts of the Material World (1906), The Axiorms of Projective Geometry (1906), hingga The Axiorms of Descriptive Geometry (1907). Namun, karya tersohor dari periode itu tidak lain ialah Principia Mathematika (1910, 1912, 1913) yang terdiri dari tiga jilid dan ditulis bersama dengan Bertrand Russell, mantan muridnya di Trinity College.
Kira-kira pada tahu 1926, penulis mulai menggap pemikirannya tentang agama dan ketuhanan. Kemudian lahirlah sebuah buku yang berjudul “Mencari Tuhan Sepanjang Zaman: Dari Agama-Kesukuan Hingga Agama-Universal” yang sekarang dianggap oleh sebagian orang sebagai buku terbaik dalam ruang lingkup sejarah perkembangan pemikiran keagamaan.
Buku ini membahas tentang pekembangan agama dan penghayatan terhadap arti ketuhanan. Diterjemahkan dari buku aslinya yang berjudul “Relegion in the Making: Lowell Lectures” ini sarat akan kalimat-kalimat yang membutuhkan pengetahuan khusus dan perhatian lebih agar dapat memahami apa yang dimaksudkan oleh si penulis. Di sini, penulis melihat perkembangan ‘agama-agam dunia’ dari kacamata pengalaman manusia dalam kebudayaan dan mendefinisikannya dalam pelbagi latar belakang, mulai dari kesukuan hingga universal. Penulis menata pemikirannya ke dalam suatu keseluruhan yang di dalamnya sains dan agama menduduki tempat terpenting. Selain itu, dalam bukunya penulis juga memuat beberapa pendapat dari beberapa tokoh tentang pengertian ketuhanan.
Tujuan dari uraian dalam buku ini adalah memberi analisis padat tentang beraneka faktor pada diri manusia yang memungkinkan munculnya agama, serta memperlihatkan tidak terelaknnya transformasi agama sebagai akibat dari transformasi pengetahuan.
Kelebihan yang ada pada buku ini ialah desain covernya menarik, cukup untuk menggambarkan isi dari buku. Kelemahannya, buku ini terlalu banyak mengandung kalimat-kalimat yang tidak bisa di pahami secara langsung, pembahasannya berbelit-belit, sehingga untuk memahaminya perlu perhatian lebih. Buku ini penuh dengan energi, pembahasannya yang serius membutuhkan banyak energi pula untuk mampu menyerap kembali energi pesan yang hendak disampaikan penulis. Oleh karena itu, disarankan ketika membaca buku ini pembaca tidak perlu tergesa-gesa, biarkan energi tulisannya mengalir sedikit-sedikit agar tidak membuat pembaca pusing, sehingga pembaca dapat membaca sampai puncaknya dan menyerap energi si penulis.

0 Komentar :